Senin, 21 Januari 2013

VISI-MISI SMK


VISI, MISI DAN TUJUAN SMK MODERN AL – RIFA’IE
  1. Tujuan Pendidikan
Tujuan Pendidikan Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
Kompetensi yang tersirat maupun tersurat dalam tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan menengah merupakan amanah yang harus diwujudkan oleh satuan pendidikan, yaitu kompetensi yang dimiliki para lulusannya. Kompetensi tersebut sesuai dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP), Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) dan Standar Mata Pelajaran (SM-MP). Berdasarkan standar kompetensi lulusan dan kondisi obyektif satuan pendidikan, arah pengembangan SMK Bangun Negeri dapat dicermati melalui visi, misi dan tujuan sekolah.
  1. Visi
Terwujudnya lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan yang menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, kompeten berdaya saing tinggi dan berbasis keunggulan lokal serta berwawasan global
  1. Misi
Mengacu pada visi sekolah, serta tujuan umum pendidikan menengah kejuruan, misi sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:
1.1  Meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas sebagai salah satu lembaga pendidikan dan lembaga kejuruan
1.2  Melaksanakan sistem pendidikan dan pelatihan yang berbasis kompetensi
1.3  Mengupayakan mutu layanan pendidikan kejuruan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan dunia kerja / dunia industri
1.4  Meningkatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha / dunia industri dalam pelaksanaan pendidikan pelatihan
1.5  Memanfaatkan bahasa international sebagai sarana menuju lembaga pendidikan  yang menghasilkan tamatan berwawasan global

D.       Tujuan Sekolah
Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan menengah kejuruan, maka tujuan SMK Modern Al – Rifa’ie dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:
1.1.1.      Melakukan analisis konteks dan mendokumentasikan secara lengkap (Standar Isi)
1.1.2.      Melakukan review kurikulum SMK Modern Al – Rifa’ie berdasarkan hasil analisis konteks (Standar Isi)
2.1.1. Semua kelas melaksanakan pendekatan “pembelajaran aktif” pada semua mata pelajaran (Standar Proses)
2.1.2. Mengembangkan berbagai kegiatan dalam proses belajar di kelas berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa (SKL)
3.1.1. Mewujudkan penilaian outentik pada kompetensi kognitif, psikomotor dan afektif sesuai karakteristik mata pelajaran (Standar Penilaian).
3.1.2. Melaksanakan penilaian hasil belajar oleh pendidik, sekolah dan pemerintah (Standar Penilaian)
3.2.1. Mewujudkan peningkatan prestasi lulusan.
3.2.2. Menyiapkan lulusan yang mampu bersaing di Industri dan Dunia kerja, wirausaha, dan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi (SKL).
3.3.1. Mengembangkan budaya sekolah yang bernuansa Industri dan Dunia kerja untuk mencapai tujuan pendidikan menengah kejuruan (Standar Pengelolaan).
3.3.2. Menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan keagamaan yang menjadi bagian dari pendidikan budaya dan karakter bangsa (SKL)
3.4.1. Mengembangkan potensi siswa dalam menggunakan pengetahuan dan teknologi (SKL)
4.1.1. Mengembangkan kemampuan olahraga, dan seni yang tangguh dan kompetitif (SKL)
4.2.1. Mengembangkan kemampuan KIR, Lomba Ketrampilan Siswa yang kompetitif (SKL)
5.1.1. Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih, dan nyaman (Standar Sarana)
5.2.1. Mewujudkan fasilitas sekolah yang interaktif, relevan dan berbasis IT (Standar Sarana)
5.2.1. Memanfaatkan dan memelihara fasilitas untuk digunakan dalam proses pembelajaran (Standar Sarana)
6.1.1. Memiliki tenaga guru bersertifikat profesional dan memiliki sertifikat keahlian (Standar Ketenagaan)
6.2.1. Mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (Standar Ketenagaan)
7.1.1. Menyelenggarakan manajemen berbasis sekolah (Standar Pengelolaan)
7.1.2. Mengoptimalkan peran komite sekolah sebagai mitra kerja sekolah (Standar Pengelolaan)
7.2.1. Menumbuhkan semangat budaya mutu secara intensif (SKL)
8.1.1. Mewujudkan pengelolaan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar dan adil (Standar Pembiayaan)
8.2.1. Mengoptimalkan peran masyarakat dan membentuk jejaring dengan stakeholder (Standar Pengelolaan)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar