VISI, MISI DAN TUJUAN SMK MODERN AL – RIFA’IE
- Tujuan Pendidikan
Tujuan Pendidikan Nasional adalah
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang: beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab.
Tujuan pendidikan menengah
kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak
mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih
lanjut sesuai dengan kejuruannya.
Kompetensi yang tersirat maupun tersurat
dalam tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan menengah merupakan
amanah yang harus diwujudkan oleh satuan pendidikan, yaitu kompetensi yang
dimiliki para lulusannya. Kompetensi tersebut sesuai dengan Permendiknas No. 23
Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP),
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) dan Standar Mata Pelajaran
(SM-MP). Berdasarkan standar kompetensi lulusan dan kondisi obyektif satuan
pendidikan, arah pengembangan SMK Bangun Negeri dapat dicermati melalui visi,
misi dan tujuan sekolah.
- Visi
Terwujudnya
lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan yang menghasilkan sumber daya manusia
yang unggul, kompeten berdaya saing tinggi dan berbasis keunggulan lokal serta
berwawasan global
- Misi
Mengacu pada visi sekolah, serta tujuan umum pendidikan
menengah kejuruan, misi sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah
sebagai berikut:
1.1 Meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas
sebagai salah satu lembaga pendidikan dan lembaga kejuruan
1.2 Melaksanakan sistem pendidikan dan pelatihan yang
berbasis kompetensi
1.3 Mengupayakan mutu layanan pendidikan kejuruan
sesuai dengan tuntutan masyarakat dan dunia kerja / dunia industri
1.4 Meningkatkan peran serta masyarakat dan dunia
usaha / dunia industri dalam pelaksanaan pendidikan pelatihan
1.5 Memanfaatkan bahasa international sebagai sarana
menuju lembaga pendidikan yang
menghasilkan tamatan berwawasan global
D.
Tujuan Sekolah
Mengacu pada visi dan misi
sekolah, serta tujuan umum pendidikan menengah kejuruan, maka tujuan SMK Modern
Al – Rifa’ie dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:
1.1.1. Melakukan analisis konteks dan
mendokumentasikan secara lengkap (Standar Isi)
1.1.2. Melakukan review kurikulum SMK Modern Al – Rifa’ie berdasarkan hasil analisis konteks (Standar Isi)
2.1.1. Semua kelas melaksanakan
pendekatan “pembelajaran aktif” pada semua mata pelajaran (Standar Proses)
2.1.2. Mengembangkan berbagai
kegiatan dalam proses belajar di kelas berbasis pendidikan budaya dan karakter
bangsa (SKL)
3.1.1. Mewujudkan penilaian
outentik pada kompetensi kognitif, psikomotor dan afektif sesuai karakteristik
mata pelajaran (Standar Penilaian).
3.1.2. Melaksanakan penilaian
hasil belajar oleh pendidik, sekolah dan pemerintah (Standar Penilaian)
3.2.1. Mewujudkan peningkatan
prestasi lulusan.
3.2.2. Menyiapkan lulusan yang
mampu bersaing di Industri dan Dunia kerja, wirausaha, dan melanjutkan ke
jenjang pendidikan tinggi (SKL).
3.3.1. Mengembangkan budaya
sekolah yang bernuansa Industri dan Dunia kerja untuk mencapai tujuan
pendidikan menengah kejuruan (Standar Pengelolaan).
3.3.2. Menyelenggarakan berbagai
kegiatan sosial dan keagamaan yang menjadi bagian dari pendidikan budaya dan
karakter bangsa (SKL)
3.4.1. Mengembangkan potensi
siswa dalam menggunakan pengetahuan dan teknologi (SKL)
4.1.1. Mengembangkan kemampuan
olahraga, dan seni yang tangguh dan kompetitif (SKL)
4.2.1. Mengembangkan kemampuan
KIR, Lomba Ketrampilan Siswa yang kompetitif (SKL)
5.1.1. Menciptakan lingkungan
sekolah yang aman, rapi, bersih, dan nyaman (Standar Sarana)
5.2.1. Mewujudkan fasilitas
sekolah yang interaktif, relevan dan berbasis IT (Standar Sarana)
5.2.1. Memanfaatkan dan
memelihara fasilitas untuk digunakan dalam proses pembelajaran (Standar Sarana)
6.1.1. Memiliki tenaga guru
bersertifikat profesional dan memiliki sertifikat keahlian (Standar Ketenagaan)
6.2.1. Mengembangkan kompetensi
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (Standar Ketenagaan)
7.1.1. Menyelenggarakan manajemen
berbasis sekolah (Standar Pengelolaan)
7.1.2. Mengoptimalkan peran
komite sekolah sebagai mitra kerja sekolah (Standar Pengelolaan)
7.2.1. Menumbuhkan semangat
budaya mutu secara intensif (SKL)
8.1.1. Mewujudkan pengelolaan
pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar dan adil (Standar Pembiayaan)
8.2.1. Mengoptimalkan peran
masyarakat dan membentuk jejaring dengan stakeholder (Standar Pengelolaan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar